MANFAAT DAN KERUGIAN JAMUR

APA yang kamu ketahui tentang jamur. Tumbuhan yang tidak “berdaun hijau” dan tidak berbunga, memiliki “payung” dan beberapa mungkin suka kamu makan. Tahukah kamu bahwa banyak jenis jamur yang bermanfaat dan juga berbahaya.
giant_fungus_armillaria_ostoyae3Jamur berkembang biak dengan spora, dan dapat tumbuh dengan cepat sekali membentuk “jaringan” yang luas, bahkan di Hutan Nasional Malheur di Oregon, Amerika, “jaringan” jamur ini sudah melingkupi daerah seluas890 Herktar dan berusia 2000 hingga 8000 tahun, wah luar biasa ya.
Selain tumbuh di tanah, jamur juga bisa hidup “dimana saja” mulai dari makanan, tumbuhan lain, hingga di kulit kita (kamu kenal penyakit panu? Itu adalah “kebun” jamur di tubuh kamu). Situasi tersebut tentu merugikan.
Tempeh_tempePernah makan tempe, atau roti? Tahukah kamu bagaimana tempe atau roti “terbentuk”?. Tempe terbuat dari “jalinan” kacang kedelai oleh “sesuatu”. Roti terbentuk dari tepung dan gula yang “dimakan” oleh “sesuatu” sehingga menghasilkan gas karbondioksida sehingga bisa “mengembang”. Sesuatu itu adalah jamur yang disebut RAGI.


penicillinFlemingAtau kamu pernah diberi ANTIBIOTIK sewaktu sakit? Salah satu jenis Antibiotik adalah PENISILIN. Itu juga berasal dari jamur yang tumbuh di roti. Penisilin ditemukan oleh Sir Alexander Fleming.
Coba deh cari lagi beberapa kegunaan jamur, tapi sekali lagi jangan lupa jaga selalu kebersihan tubih kamu, jangan sampai tubuh kamu di tumbuhi jamur dan menjadikan kamu gatal dan berpenyakitan.***
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Poskan Komentar